Pengantar Rasio Bisnis

Rasio – rasio bisnis adalah petunjuk yang menuntun manajemen sebuah perusahaan dalam menetapkan berbagai target serta standar. Rasio – rasio ini juga sangat membantu para manajer dalam menetapkan strategi jangka panjang yang paling menguntungkan serta dalam membuat keputusan jangka pendek yang efektif.

Kondisi dalam setiap operasi bisnis dapat berubah dari hari ke hari dan dalam situasi yang dinamis ini, rasio – rasio bisnis akan menginformasikan kepada manajemen masalah paling penting yang segera memerlukan perhatian. Menurut definisinya, rasio – rasio bisnis menunjukkan hubungan yang terjadi di antara berbagai bagian perusahaan. Rasio – rasio ini juga menyoroti keterkaitan yang penting dan kebutuhan akan keseimbangan yang tepat antara departemen yang satu dengan yang lainnya. Karena itu, pengetahuan mengenai rasio – rasio bisnis penting akan memungkinkan para manajer dari berbagai fungsi yang berbeda untuk bekerja sama dengan lebih baik dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Bahasa umum dari bisnis adalah pembiayaan atau keuangan (finance). Dengan demikian, rasio – rasio bisnis yang paling penting adalah rasio yang didasarkan pada keuangan. Tentu saja, para manajer akan memahami bahwa angka – angka keuangan itu hanya merupakan refleksi dari apa yang sebenarnya terjadi, dan harus dikelola adalah realitas, bukan rasio – rasio tersebut.

Categories: Akuntansi Lanjutan (Advance), Akuntansi Menengah (Intermediete) | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: